28 November 2008

PEMAKAIAN BLOG

Menanggapi Usulan dari wali murid.

Selama ini SD sudah memiliki Web Site, namun belum optimal pemanfaatannya. Hal ini dikarenakan web SD sering mengalami gangguan dari pihak luar.
Disamping itu karena tenaga khusus yang menangani belum ada.
Tapi nantinya web tetap kita pakai karena masih dalam proses perbaikan. Selama menunggu berfungsinya web secara maksimal kami berinisiatif untuk memakai blog, yang mana bisa dipakai untuk berkomunikasi antara sekolah dengan siswa serta wali murid.

PERBEDAAN ANTARA BLOG DAN WEBSITE

Kalo pandangan dari orang awan, mungkin antara blog dan website adalah sama, tidak ada bedanya. Namun sebenarnya tidak seperti itu, ada perbedaan yang mencolok antara blog dan website.

Coba deh untuk membuktikannya, anda surving website di internet, baik di dalam negeri maupun di luar, setelah itu baru anda buka salah satu blog yang ada.

Kalo kita perhatikan dari pengertian blog itu sendiri, sebenarnya blog adalah sebuah website juga, namun blog sendiri memiliki beberapa perbedaan yang mendasar.

Dari perbedaan inilah, maka kita sudah bisa menilai apakah itu sebuah blog atau website biasa.

Lalu apa sih yang membedakan sebuah blog dengan website biasa?

Pada sebuah blog biasanya selalu menampilkan sebuah artikel dari berbagai hal yang ingin disampaikan oleh pemiliknya. Artikel atau posting yang terbaru selalu muncul diurutan paling atas, terus selanjutnya diurut ke bawah adalah merupakan hasil posting sebelumnya.

Begitulah sebuah artikel atau posting tampil pada blog kita.

Blog bagi sebagian orang mungkin merupakan sebuat diary online yang berisi berbagai hal tentang kita, tentang apa yang kita rasakan dari hari ke hari bahkan kita selalu mencatatnya dalam setiap jam pada saat menulis diary.

Blog juga sama seperti itu. Setiap hasil posting yang telah kita buat, akan tampil tanggal postingnya, hari bahkan hingga jam posting tersebut kita publish.

Karena itulah, maka blog yang ada diinternet ini memiliki berbagai macam topik dan semuanya merupakan wakil dari sipemilik blog tersebut. Ada topik tentang komputer, kesehatan, barang dan jasa, komunitas social, diary online, dokumentasi keluarga dan masih banyak lagi lainnya.

Perbedaan lainnya antara blog dan website biasa adalah bahwa blog lebih mudah dalam penambahan konten atau isi. Sehingga setiap blog selalu melakukan update blognya lewat hasil posting yang telah dibuat.

Hal ini tidak segampang dilakukan kalo itu adalah sebuah website biasa. Karena untuk menambahkan konten pada website, maka kita harus melakukan beberapa setting website, melakukan ujicoba dulu, baru kemudian ditampikan pada website tersebut.

Untuk blog tidak seperti itu. Kita hanya tinggal mengaktifkan fasilitas yang ada, atau juga mengambil beberapa konten dari blog orang lain untuk kemudian kita tambahkan pada blog kita.

Karena blog sangat mudah dalam melakukan penambahan konten, maka blog akan selalu update. Paling tidak dua hari sekali pasti ada sesuatu yang baru pada blog tersebut.

Inilah yang membedakan blog dengan website biasa.

Belum cukup sampai disitu, blog juga ternyata dapat menciptakan keterikatan antara pemilik blog dengan pengunjungannya melalui komentar-komentar yang masuk untuk blog tersebut.

Pada website biasa, hal ini sulit dilakukan. Karena kalo kita membutuhkan untuk kontak kepada pemilik website, maka kita harus mengirimkan email atau kontak secara offiline.

Kalo di blog semua ini tidak akan terjadi. Pengunjung dapat dengan bebas menuliskan sesuatu untuk blog yang didatangi.

Lalu mengapa orang lebih suka blog daripada website biasa?

Karena pada blog akan tercipta jalinan komunikasi antara pemilik blog dengan pengunjungnya. Sehingga hal ini menjadikan blog lebih menyenangkan, menghibur, sekaligus untuk menjalin pertemanan dengan pengguna yang lain.

Karena inilah maka blog lebih disukai orang dari pada website biasa.

Nah, sekarang anda sudah mengenal betul apa yang dimaksud dengan blog dan website biasa.


Demikian penjelasan kami.
Admin.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Trimakasih atas tanggapannya.
Maju terus sampai bagus.
Berkarya terus sampai Jaya.
Bersusah payah untuk ......
kemajuan SD Muhammadiyah